Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DL,DIRECT LEARNING)

 

                                                Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar

                                                Tema                                       : Lingkungan Sekolah

                                                Kelas/Semester                        : II/I

                                                Alokasi waktu                         : 2 X 30 menit

 

  1. A.    Standar kompetensi

Mengenal bagian-bagian utama,tubuh hewan,tumbuhan,pertumbuhan hewan dan pertumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup

  1. B.     Kompetensi Dasar

Mengindentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air,tanah,dll)

  1. C.    Indikator
    1. Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu
    2. Menyebutkan contoh hewan yang hidup di darat
    3. Menyebutkan contoh hewan yang hidup di air
  2. D.    Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mampu menunjukkan tempat hidup makhluk tertentu
    2. Siswa mampu menyebutkan contoh hewan yang hidup di darat
    3. Siswa mampu munyebutkan contoh hewan yang hidup di air
  3. E.     Karakteristik Siswa yang di harapkan
    1. Keaktifan
    2. Kemandirian
    3. Kedisiplinan
  4. F.     Materi Ajar

Tempat hidup hewan

     Uraian materi

Tempat hidup hewan berbeda-beda.Hewan ada yang hidup di      darat,di air maupun di darat dan di air.

–          Contoh hewan yang hidup di darat yaitu sapi,domba,kuda,ayam,kambing

–          Contoh hewan yang hidup di air yaitu ikan,udang,kepiting,gurita

–          Contoh hewan yang hidup di darat dan di air yaitu penyu,katak

 

  1. Metode Pembelajaran
    1. Ceramah
    2. Tanyajawab
    3. Penugasan

 

 

 

 

  1. H.    Langkah-langkah pembelajaran

 

Fase

Kegiatan belajar mengajar

Alokasi waktu

Fase 1 Ketrampilan dasar a. Kegiatan Awal

  1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan kehadiran siswa
  2. Guru mengkondisikan siswa secara fisikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
  3. Guru memberikan apersepsi dengan mengajak siswa bernyanyi lagu kukuruyuk

Kukuruyuk

Kuku kukuruyuk………..

Begitulah bunyinya kakinya bertanduk

Hewan apa namanya …….

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

± 10 menit
Fase 2 Latihan terbimbim

 

 

 

 

Fase 3 latihan mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 4 Refleksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fase 5 Evaluasi

  1. Kegiatan Inti

1. Eksplorasi

  1. Siswa memperhatikan penjelasan guru
  2. Siwa menemukan sendiri contoh hewan yang hidup di darat dan di air (Keaktifan)

2. Elaborasi

  1. Secara individual siswa menuliskan contoh hewan yang hidup di darat dan di air ( Kemandirian )
  2. Siswa mengerjakan sendiri tugas yang di berikan tanpa berdiskusi dengan teman (Kemandirian)
  3. Siswa ditugaskan mengerjakan tugas tepat waktu serta melaporkan hasil kerjanya di depan kelas (Kedisiplinan)

3. Konfirmasi

  1. Siswa bersama guru menanggapi     dan memberikan konfirmasi terhadap hasil kegiatan eksplorasi dan elaborasi yang dilakukan siswa
  2. Bagi siswa yang berhasil baik diberikan penguatan dan bagin siswa yang hasilnya kurang diberikan motivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasi belajarnya

c. Kegiatan Akhir

  1. Siswa dengan bimbingan guru merangkum materi yang telah dipelajari
  2. Guru melakukan evaluasi terhadap hasi belajar siswa melalui tes tulis
  3. Guru memberikan tindah lanjut berupa PR

        

 

 

 

 

  1. I.       Alat dan Sumber Belajar

            1. Alat             : Gambar-gambar hewan

            2. Sumber        : R. Rositawati,Aris Muharam,2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 2,Jakarta : Pusat Perbukuan

  1. J.      Penilaian

                                    1. Teknik penilaian      : Tes tertulis

                                    2. Bentuk instrumen    : Uraian

                                    3. Aspek yang dinilai

  1. Kognitif      : Dinilai melalui tes tertulis
  2. Afektif        : Dinilai melalui lembar observasi
  3. Psikomotor : Dinilai dengan tugas

                                    4. Alat penilaian

                                                            a. Aspek kognitif ( N1)

                                                            b. Bobot          : 60

                                                            c. Teknik         : tes tertulis

                                                            d. Bentuk        : uraian

 

 

No

Soal

Kunci Jawaban

Skor

1

 

2

 

         3

 

4

 

5

Sebutkan 3 tempat hidup hewan!

 

Sebutkan 3 hewan yang hidup air selain ikan !

 

Sebutkan 3 hewan yang hidup di darat!

                                                              Hewan apakah yang hidup di dua tempat?

                                                              Sebutkan 2 hewan yang hidup di pohon?

 

 

Di darat,air dan di dua tempat yaitu darat dan air

 

Kepiting,udang dan gurami

 

Sapi,ayam,kuda

 

Katak

 

Burung, kelelawar

2

 

2

 

2

 

2

 

2

 

Total Skor

 

10

 

 

NAMA SISWA

SOAL

Skor

1

2

3

4

5

             
             
             
             
             
             
             
             

Penskoran kognitif      :

                        N1 =        skor yang diperoleh      x  Bobot

                                        Skor maksimal

 

  1. Asfek Afektif (N2)

Bobot              : 40

Dinilai saat pembelajaran berlangsung

 

Lembar observasi

NO

NAMA SISWA

Aspek yang dinilai

Jumlah

Ket

( keaktifan )

( kerjasama)

( kedisiplinan )

Skor

1

           

2

           

3

           

4

           

5

           

 

            Deskripsi Penilaian Afektif

Aspek yang dinilai

Deskripsi penilaian

Skor

Ket

  1. Keaktifan

 

 

  1. Kemandirian

 

 

 

 

3.  Kedisiplinan

  1. Mau mengeluarkan pendapat
  2. Menemukan jawaban sendiri
  1. Tidak tergantung pada     orang lain
  2. Menyelesaikan dan mencari jawaban sendiri
  1. Menunjukkan prilsku tertib dan patuh
  2. Tidak mengganggu teman selama pembelajaran

 

1

            1

 

1

 

1

 

 

1

 

1

Jika keduanya dilakukan mendapat skor 2

 

 

 

 

 

Jika hanya salah satu dilakukan mendapat skor 1

N2 =   Skor yang diperoleh       x   bobot

               Skor maksimal

 

NA       =  N1   +    N2

Keterangan skor

            1. Sangat baik                 : 5 ( 85 – 100 )

            2. Baik                            : 4 ( 70 – 84 )

            3. Cukup                         : 3 ( 55 – 69 )

            4. Rendah                       : 2 ( 40 – 54 )

            5. Sangat rendah             : 1 ( < 40 )